Strategi Sukses Pemasaran: Fokus pada Produk, Merk, Harga, dan Penentuan Harga

Strategi Sukses Pemasaran: Fokus pada Produk, Merk, Harga, dan Penentuan Harga
- DMH1A4-MANAJEMEN PEMASARAN

♥ DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Manajemen Pemasaran memberikan pengetahuan, teknik dan aplikasi yang komprehensif mengenai pengelolaan aktivitas pemasaran di perusahaan. Mahasiswa akan memperoleh materi mengenai konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global.♥ Identitas Mata KuliahMata Kuliah: Manajemen PemasaranKode Mata Kuliah: DMH1A4SKS: 4 (Empat)Semester Pengampuan: 1 (Satu)Program Studi: Manajemen PemasaranFakultas: Ilmu Terapan
♥ Profil dan Sejarah Mata KuliahMata kuliah ini memberikan pengetahuan & wawasan tentang manajemen pemasaran. Mahasiswa akan memperoleh materi berupa pemahaman konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global secara komprehensif. Mata Kuliah ini sudah ada sejak program studi D3 Manajemen Pemasaran berdiri tahun 2018. Mata julian ini merupakan mata kuliah dåsar dan menjadi mata kuliah prasyarat dari beberapa mata kuliah. ♥ Relevansi (Urgensi) Mata KuliahUrgensi mata kuliah Manajemen Pemasaran ini adalah melengkapi wawasan dan pengetahuan Mahasiswa mengenai manajemen pemasaran di perusahaan, strategi pemasaran dan strategi keunggulan bersaing di pasar global. Mahasiswa tidak hanya diberikan teori namun namun mahasiswa diberikan tugas observasi lapangan sehingga mereka mengetahui praktek riil di Industri.♥ Kaitan dengan Mata Kuliah Lain
Mata kuliah Manajemen Pemasaran tidak memiliki mata kuliah prasyarat. ♥ Peta Capaian Pembelajaran- Mampu memahami pengetahuan tentang pasar dan Manajemen Pemasaran pada industri barang dan jasa, dalam lingkup lokal maupun global.
- Mampu melaksanakan riset pasar yang berguna untuk menunjang efektivitas dan efisiensi manajemen pemasaran perusahaan, maupun untuk mengidentifikasi peluang bisnis sehingga dapat mengelola usaha dengan mandiri.
- Mampu melaksanakan presentasi dan negosiasi penjualan yang memiliki daya tarik bagi konsumen, dan mampu mengidentifikasi kendala, menginspeksi serta memberikan umpan balik sehingga target penjualan bisa tercapai.
- Mampu melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- Menguasai pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kaitannya dengan Manajemen Pemasaran.
- Mampu melaksanakan kegiatan pelayanan prima dalam industri barang dan jasa secara langsung maupun melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
♥ Pokok BahasanMata kuliah Manajemen Pemasaran terdiri dari 3 (Tiga) Bahan Kajian yang diuraikan menjadi 14 (Empat Belas) Pokok Bahasan sebagai berikut:- Konsep Pemasaran
- Riset Pemasaran
- Marketing Intelligent
- Sistem Informasi Pemasaran
- Perilaku Konsumen
- Pasar Bisnis
- Segmenting, Targeting dan Positioning
- Produk dan Strategi Merk
- Strategi Harga
- Penentuan Harga Produk
- Strategi Tempat/ Distribusi
- Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
- Keunggulan Bersaing dan Penawaran Pasar Baru
- Pasar Global dan Etika, Tanggung Jawab Sosial
♥ Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning
♥ Best Practice (Tips dan Trik)Untuk dapat menguasai dan meraih capaian pembelajaran pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, tips dan trik yang sebaiknya dilakukan adalah sebagai berikut:- Pahami Konsep Teori dengan baik
- Perhatikan penerapan teori-teori pada perusahaan-perusahaan di Dalam dan Luar Negeri
- Ikuti Praktika dengan sungguh-sungguh
- Kerjakan Tugas dengan tepat waktu
- Perbanyak mereview materi
- Maksimalkan partisipasi dalam tugas kelompok
♥ Sertifikasi yang BerkaitanSertifikasi yang berkaitan dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran adalah:- Sertifikasi Kompetensi Pemasaran BNSP
- Sertifikasi Profesi Pemasaran (LSP Pemasaran)
- Sertifikasi Markplus Institute
♥ Referensi Mata Kuliaha. Buku Utama- Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15th Edition. England: Pearson Education.
- Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2010). Principles of Marketing 13th Edition. Prentice Hall: New Jersey
- Kotler, Philips dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga
- Kotler, Philips dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga
b. Buku Pendukung- Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
- Laksana Fajar (2008).Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta
- Swastha DH Basu. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta
♥ Dosen Pengampu
Nama Lengkap: Bethani Suryawardani, S.E., M.M.Jenis Kelamin: PerempuanNIP/NIDN: 08860080/ 0421108603Jabatan Akademik: LektorFakultas/ Prodi: Ilmu Terapan/ D3 Manajemen PemasaranHP/ Email: 081224403880 / bethani@tass.telkomuniversity.ac.idNama Lengkap: Fanni Husnul Hanifa, S.E., M.M.Jenis Kelamin: PerempuanNIP/NIDN: 08840075/ 0410108402Jabatan Akademik: Asisten AhliFakultas/ Prodi: Ilmu Terapan/ D3 Manajemen PemasaranHP/ Email: 08122094152 / fanni.husnul@tass.telkomuniversity.ac.id - POKOK BAHASAN 8. PRODUK DAN STRATEGI MERKAssalamualaikum Wr WbSelamat Bertemu di Pokok Bahasan 8E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Produk dan Strategi Merk

CAPAIAN PEMBELAJARAN- Mahasiswa dapat memahami Definisi Produk dan Customer Value Hierarchy
- Mahasiswa dapat memahami Hierarki Produk
- Mahasiswa dapat memahami Bauran Produk
- Mahasiswa dapat memahami Definisi, Tujuan dan Strategi Merk
- Mahasiswa dapat memahami Jasa dan Karakteristik Jasa
MATERI PEMBELAJARAN- Definisi Produk dan Customer Value Hierarchy
- Hierarki Produk
- Bauran Produk
- Definisi, Tujuan dan Strategi Merk
- Jasa dan Karakteristik Jasa
- POKOK BAHASAN 9. STRATEGI HARGAAssalamualaikum Wr WbSelamat Bertemu di Pokok Bahasan 9E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Strategi Harga

CAPAIAN PEMBELAJARAN- Mahasiswa dapat memahami Price VS Value
- Mahasiswa dapat memahami Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penetapan Harga
- Mahasiswa dapat memahami Langkah-langkah Penetapan Harga
- Mahasiswa dapat memahami Tujuan Penetapan Harga
- Mahasiswa dapat memahami penentuan demand dan biaya
MATERI PEMBELAJARAN- Price VS Value
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penetapan Harga
- Langkah-langkah Penetapan Harga
- Tujuan Penetapan Harga
- Penentuan demand dan biaya
- POKOK BAHASAN 10. PENENTUAN HARGA PRODUK
Assalamualaikum Wr WbSelamat Bertemu di Pokok Bahasan 10E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Penentuan Harga Produk
CAPAIAN PEMBELAJARAN- Mahasiswa dapat memahami Metode-metode Penetapan Harga
- Mahasiswa dapat memahami Harga Berbasis Permintaan
- Mahasiswa dapat memahami Harga Berbasis Persaingan
- Mahasiswa dapat memahami Harga Berbasis Biaya
- Mahasiswa dapat memahami Harga Berbasis Laba
- Memahami Strategi Penyesuaian Harga
MATERI PEMBELAJARAN- Metode-metode Penetapan Harga
- Harga Berbasis Permintaan
- Harga Berbasis Persaingan
- Harga Berbasis Biaya
- Harga Berbasis Laba
- Strategi Penyesuaian Harga
Tinggalkan Balasan