Pemahaman Konsumen dan Strategi Pemasaran: Memahami Perilaku Konsumen, Pasar Bisnis, serta Segmentasi, Targeting, dan Positioning

Pemahaman Konsumen dan Strategi Pemasaran: Memahami Perilaku Konsumen, Pasar Bisnis, serta Segmentasi, Targeting, dan Positioning
- DMH1A4-MANAJEMEN PEMASARAN

♥ DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Manajemen Pemasaran memberikan pengetahuan, teknik dan aplikasi yang komprehensif mengenai pengelolaan aktivitas pemasaran di perusahaan. Mahasiswa akan memperoleh materi mengenai konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global.♥ Identitas Mata KuliahMata Kuliah: Manajemen PemasaranKode Mata Kuliah: DMH1A4SKS: 4 (Empat)Semester Pengampuan: 1 (Satu)Program Studi: Manajemen PemasaranFakultas: Ilmu Terapan
♥ Profil dan Sejarah Mata KuliahMata kuliah ini memberikan pengetahuan & wawasan tentang manajemen pemasaran. Mahasiswa akan memperoleh materi berupa pemahaman konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global secara komprehensif. Mata Kuliah ini sudah ada sejak program studi D3 Manajemen Pemasaran berdiri tahun 2018. Mata julian ini merupakan mata kuliah dåsar dan menjadi mata kuliah prasyarat dari beberapa mata kuliah. ♥ Relevansi (Urgensi) Mata KuliahUrgensi mata kuliah Manajemen Pemasaran ini adalah melengkapi wawasan dan pengetahuan Mahasiswa mengenai manajemen pemasaran di perusahaan, strategi pemasaran dan strategi keunggulan bersaing di pasar global. Mahasiswa tidak hanya diberikan teori namun namun mahasiswa diberikan tugas observasi lapangan sehingga mereka mengetahui praktek riil di Industri.♥ Kaitan dengan Mata Kuliah Lain
Mata kuliah Manajemen Pemasaran tidak memiliki mata kuliah prasyarat. ♥ Peta Capaian Pembelajaran- Mampu memahami pengetahuan tentang pasar dan Manajemen Pemasaran pada industri barang dan jasa, dalam lingkup lokal maupun global.
- Mampu melaksanakan riset pasar yang berguna untuk menunjang efektivitas dan efisiensi manajemen pemasaran perusahaan, maupun untuk mengidentifikasi peluang bisnis sehingga dapat mengelola usaha dengan mandiri.
- Mampu melaksanakan presentasi dan negosiasi penjualan yang memiliki daya tarik bagi konsumen, dan mampu mengidentifikasi kendala, menginspeksi serta memberikan umpan balik sehingga target penjualan bisa tercapai.
- Mampu melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- Menguasai pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kaitannya dengan Manajemen Pemasaran.
- Mampu melaksanakan kegiatan pelayanan prima dalam industri barang dan jasa secara langsung maupun melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
♥ Pokok BahasanMata kuliah Manajemen Pemasaran terdiri dari 3 (Tiga) Bahan Kajian yang diuraikan menjadi 14 (Empat Belas) Pokok Bahasan sebagai berikut:- Konsep Pemasaran
- Riset Pemasaran
- Marketing Intelligent
- Sistem Informasi Pemasaran
- Perilaku Konsumen
- Pasar Bisnis
- Segmenting, Targeting dan Positioning
- Produk dan Strategi Merk
- Strategi Harga
- Penentuan Harga Produk
- Strategi Tempat/ Distribusi
- Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
- Keunggulan Bersaing dan Penawaran Pasar Baru
- Pasar Global dan Etika, Tanggung Jawab Sosial
♥ Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning
♥ Best Practice (Tips dan Trik)Untuk dapat menguasai dan meraih capaian pembelajaran pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, tips dan trik yang sebaiknya dilakukan adalah sebagai berikut:- Pahami Konsep Teori dengan baik
- Perhatikan penerapan teori-teori pada perusahaan-perusahaan di Dalam dan Luar Negeri
- Ikuti Praktika dengan sungguh-sungguh
- Kerjakan Tugas dengan tepat waktu
- Perbanyak mereview materi
- Maksimalkan partisipasi dalam tugas kelompok
♥ Sertifikasi yang BerkaitanSertifikasi yang berkaitan dengan mata kuliah Manajemen Pemasaran adalah:- Sertifikasi Kompetensi Pemasaran BNSP
- Sertifikasi Profesi Pemasaran (LSP Pemasaran)
- Sertifikasi Markplus Institute
♥ Referensi Mata Kuliaha. Buku Utama- Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15th Edition. England: Pearson Education.
- Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2010). Principles of Marketing 13th Edition. Prentice Hall: New Jersey
- Kotler, Philips dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga
- Kotler, Philips dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga
b. Buku Pendukung- Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
- Laksana Fajar (2008).Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta
- Swastha DH Basu. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta
♥ Dosen Pengampu
Nama Lengkap: Bethani Suryawardani, S.E., M.M.Jenis Kelamin: PerempuanNIP/NIDN: 08860080/ 0421108603Jabatan Akademik: LektorFakultas/ Prodi: Ilmu Terapan/ D3 Manajemen PemasaranHP/ Email: 081224403880 / bethani@tass.telkomuniversity.ac.idNama Lengkap: Fanni Husnul Hanifa, S.E., M.M.Jenis Kelamin: PerempuanNIP/NIDN: 08840075/ 0410108402Jabatan Akademik: Asisten AhliFakultas/ Prodi: Ilmu Terapan/ D3 Manajemen PemasaranHP/ Email: 08122094152 / fanni.husnul@tass.telkomuniversity.ac.id - POKOK BAHASAN 5. PERILAKU KONSUMENAssalamualaikum Wr WbSelamat Bertemu di Pokok Bahasan 5E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Perilaku Konsumen

CAPAIAN PEMBELAJARAN- Mahasiswa dapat memahami Definisi Perilaku Konsumen
- Mahasiswa dapat memahami Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
- Mahasiswa dapat memahami Model Perilaku Konsumen
- Mahasiswa dapat memahami Proses Psikologis Konsumen
- Mahasiswa dapat memahami Proses Keputusan Pembelian
MATERI PEMBELAJARAN- Definisi Perilaku Konsumen
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
- Model Perilaku Konsumen
- Proses Psikologis Konsumen
- Proses Keputusan Pembelian
- POKOK BAHASAN 6. PASAR BISNISAssalamualaikum Wr WbSelamat Bertemu di Pokok Bahasan 6E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Pasar Bisnis

CAPAIAN PEMBELAJARAN- Mahasiswa dapat memahami Definisi Pasar Bisnis
- Mahasiswa dapat memahami Pembelian Organisasi
- Mahasiswa dapat memahami Karakteristik dan Jenis Situasi Pembelian Pasar Bisnis
- Mahasiswa dapat memahami Proses Pembelian Bisnis
- Mahasiswa dapat memahami Pusat Pembelian
MATERI PEMBELAJARAN- Definisi Pasar Bisnis
- Pembelian Organisasi
- Karakteristik dan Jenis Situasi Pembelian Pasar Bisnis
- Proses Pembelian Bisnis
- Pusat Pembelian
- POKOK BAHASAN 7. SEGMENTING, TARGETING DAN POSITIONINGAssalamualaikum Wr WbSelamat Bertemu di Pokok Bahasan 7E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Segmenting, Targeting dan Positioning

CAPAIAN PEMBELAJARAN- Mahasiswa dapat memahami Tahapan Segmenting, Targeting, Positioning
- Mahasiswa dapat memahami Segmentasi dan Dasar Segmentasi Pasar
- Mahasiswa dapat memahami Targeting dan Pola Pemilihan Target Pasar
- Mahasiswa dapat memahami Positioning
- Mahasiswa dapat memahami Strategi Diferensiasi
MATERI PEMBELAJARAN- Tahapan Segmenting, Targeting, Positioning
- Segmentasi dan Dasar Segmentasi Pasar
- Targeting dan Pola Pemilihan Target Pasar
- Positioning
- Strategi Diferensiasi
Tinggalkan Balasan