- DMH1A4-MANAJEMEN PEMASARAN

♥ DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Manajemen Pemasaran memberikan pengetahuan, teknik dan aplikasi yang komprehensif mengenai pengelolaan aktivitas pemasaran di perusahaan. Mahasiswa akan memperoleh materi mengenai konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global.♥ Identitas Mata KuliahMata Kuliah: Manajemen PemasaranKode Mata Kuliah: DMH1A4SKS: 4 (Empat)Semester Pengampuan: 1 (Satu)Program Studi: Manajemen PemasaranFakultas: Ilmu Terapan
♥ Profil dan Sejarah Mata KuliahMata kuliah ini memberikan pengetahuan & wawasan tentang manajemen pemasaran. Mahasiswa akan memperoleh materi berupa pemahaman konsep manajemen pemasaran, sistem informasi pemasaran, proses pemasaran, perilaku konsumen, pasar bisnis, segmentasi, targeting dan positioning, bauran pemasaran dan perencanaan strategis yang berorientasi pasar serta strategi keunggulan bersaing di pasar global secara komprehensif. Mata Kuliah ini sudah ada sejak program studi D3 Manajemen Pemasaran berdiri tahun 2018. Mata julian ini merupakan mata kuliah dåsar dan menjadi mata kuliah prasyarat dari beberapa mata kuliah. ♥ Relevansi (Urgensi) Mata KuliahUrgensi mata kuliah Manajemen Pemasaran ini adalah melengkapi wawasan dan pengetahuan Mahasiswa mengenai manajemen pemasaran di perusahaan, strategi pemasaran dan strategi keunggulan bersaing di pasar global. Mahasiswa tidak hanya diberikan teori namun namun mahasiswa diberikan tugas observasi lapangan sehingga mereka mengetahui praktek riil di Industri.♥ Kaitan dengan Mata Kuliah Lain
Mata kuliah Manajemen Pemasaran tidak memiliki mata kuliah prasyarat. ♥ Peta Capaian Pembelajaran- Mampu memahami pengetahuan tentang pasar dan Manajemen Pemasaran pada industri barang dan jasa, dalam lingkup lokal maupun global.
- Mampu melaksanakan riset pasar yang berguna untuk menunjang efektivitas dan efisiensi manajemen pemasaran perusahaan, maupun untuk mengidentifikasi peluang bisnis sehingga dapat mengelola usaha dengan mandiri.
- Mampu melaksanakan presentasi dan negosiasi penjualan yang memiliki daya tarik bagi konsumen, dan mampu mengidentifikasi kendala, menginspeksi serta memberikan umpan balik sehingga target penjualan bisa tercapai.
- Mampu melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- Menguasai pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kaitannya dengan Manajemen Pemasaran.
- Mampu melaksanakan kegiatan pelayanan prima dalam industri barang dan jasa secara langsung maupun melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
- Konsep Pemasaran
- Riset Pemasaran
- Marketing Intelligent
- Sistem Informasi Pemasaran
- Perilaku Konsumen
- Pasar Bisnis
- Segmenting, Targeting dan Positioning
- Produk dan Strategi Merk
- Strategi Harga
- Penentuan Harga Produk
- Strategi Tempat/ Distribusi
- Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
- Keunggulan Bersaing dan Penawaran Pasar Baru
- Pasar Global dan Etika, Tanggung Jawab Sosial

♥ Best Practice (Tips dan Trik)Untuk dapat menguasai dan meraih capaian pembelajaran pada mata kuliah Manajemen Pemasaran, tips dan trik yang sebaiknya dilakukan adalah sebagai berikut:- Pahami Konsep Teori dengan baik
- Perhatikan penerapan teori-teori pada perusahaan-perusahaan di Dalam dan Luar Negeri
- Ikuti Praktika dengan sungguh-sungguh
- Kerjakan Tugas dengan tepat waktu
- Perbanyak mereview materi
- Maksimalkan partisipasi dalam tugas kelompok
- Sertifikasi Kompetensi Pemasaran BNSP
- Sertifikasi Profesi Pemasaran (LSP Pemasaran)
- Sertifikasi Markplus Institute
- Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15th Edition. England: Pearson Education.
- Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2010). Principles of Marketing 13th Edition. Prentice Hall: New Jersey
- Kotler, Philips dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga
- Kotler, Philips dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga
- Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
- Laksana Fajar (2008).Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta
- Swastha DH Basu. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta
♥ Dosen Pengampu
Nama Lengkap: Bethani Suryawardani, S.E., M.M.Jenis Kelamin: PerempuanNIP/NIDN: 08860080/ 0421108603Jabatan Akademik: LektorFakultas/ Prodi: Ilmu Terapan/ D3 Manajemen PemasaranHP/ Email: 081224403880 / bethani@tass.telkomuniversity.ac.idNama Lengkap: Fanni Husnul Hanifa, S.E., M.M.Jenis Kelamin: PerempuanNIP/NIDN: 08840075/ 0410108402Jabatan Akademik: Asisten AhliFakultas/ Prodi: Ilmu Terapan/ D3 Manajemen PemasaranHP/ Email: 08122094152 / fanni.husnul@tass.telkomuniversity.ac.id - POKOK BAHASAN 1. KONSEP PEMASARANAssalamualaikum Wr WbSelamat Bertemu di Pokok Bahasan 1 E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Konsep Pemasaran

CAPAIAN PEMBELAJARAN- Mahasiswa dapat memahami Definisi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Perbedaan Penjualan dan Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Proses Manajemen Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Konsep Utama Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Perkembangan Orientasi Pemasaran
- Pemasaran dan Manajemen Pemasaran
- Penjualan VS Pemasaran
- Proses Manajemen Pemasaran
- Konsep Utama Pemasaran
- Perkembangan Orientasi Pemasaran
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M1 – DEFINISI PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M2 – DEFINISI MANAJEMEN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M3 – PROSES MANAJEMEN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M4 – ENTITAS YANG DAPAT DIPASARKANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M5 – STRUKTUR ALUR DALAM PERTUKARAN ENTITASInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M6 – KONSEP UTAMA PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M7 – PERKEMBANGAN ORIENTASI PEMASARANInteractive Content
- Forum Diskusi Pertemuan-1 Materi Konsep Pemasaran
- Tugas Pertemuan-1 Materi Konsep PemasaranAssignment
- Introduction to MarketingURL
- Company OrientationURL
- Marketing IntroductionURL
- Selling VS MarketingURL
- Holistic MarketingURL
- Quiz 1 Review Materi Konsep Pemasaran
- 1. Konsep PemasaranFile
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M1 – DEFINISI PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M2 – DEFINISI MANAJEMEN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M3 – PROSES MANAJEMEN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M4 – ENTITAS YANG DAPAT DIPASARKANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M5 – STRUKTUR ALUR DALAM PERTUKARAN ENTITASInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M6 – KONSEP UTAMA PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB01 – M7 – PERKEMBANGAN ORIENTASI PEMASARANInteractive Content
- POKOK BAHASAN 2. RISET PEMASARANAssalamualaikum Wr WbSelamat Bertemu di Pokok Bahasan 2 E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Riset Pemasaran Berbasis ITCAPAIAN PEMBELAJARAN
- Mahasiswa dapat memahami Definisi Riset Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Lingkup Riset Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Proses Penelitian Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Pendekatan Riset Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Metriks Pemasaran
- Definisi Riset Pemasaran
- Lingkup Riset Pemasaran
- Proses Penelitian Pemasaran
- Pendekatan Riset Pemasaran
- Metriks Pemasaran
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M1 – DEFINISI RISET PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M2 – LINGKUP RISET PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M3 – PROSES PENELITIAN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M4 – TAHAPAN PENELITIAN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M5 – PENDEKATAN RISET PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M6 – SAMPLE DAN METODE SAMPLINGInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M7 – METRIKS PRODUKTIFITAS PEMASARANInteractive Content
- Forum Diskusi Pertemuan-2 Materi Riset Pemasaran
- Tugas Pertemuan-2 Materi Riset PemasaranAssignment
- Marketing ResearchURL
- Introduction to Market ResearchURL
- Marketing Research FundamentalsURL
- Sampling MethodsURL
- Quiz 2 Review Materi Riset Pemasaran
- 2. Riset PemasaranFile
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M1 – DEFINISI RISET PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M2 – LINGKUP RISET PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M3 – PROSES PENELITIAN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M4 – TAHAPAN PENELITIAN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M5 – PENDEKATAN RISET PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M6 – SAMPLE DAN METODE SAMPLINGInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB02 – M7 – METRIKS PRODUKTIFITAS PEMASARANInteractive Content
- POKOK BAHASAN 3. MARKETING INTELLIGENTAssalamualaikum Wr WbSelamat Bertemu di Pokok Bahasan 3 E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Marketing Intelijen
CAPAIAN PEMBELAJARAN- Mahasiswa dapat memahami Definisi dan Tujuan Intelijen Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Sistem Intelijen Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Teknik dan Strategi Intelijen Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Langkah Meningkatkan Kualitas Intelijen Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Sistem Intelijen Kompetitif
- Definisi dan Tujuan Intelijen Pemasaran
- Sistem Intelijen Pemasaran
- Teknik dan Strategi Intelijen Pemasaran
- Langkah Meningkatkan Kualitas Intelijen Pemasaran
- Sistem Intelijen Kompetitif
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M1 – DEFINISI INTELEJEN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M2 – SISTEM INTELEJEN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M3 – TEKNIK INTELEJEN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M4 – TAHAP MARKETING INTELEJENInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M5 – KUALITAS INTELEJEN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M6 – SISTEM INTELEJEN KOMPETITIFInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M7 – PESAING MENGUNGKAPKAN INFORMASIInteractive Content
- Forum Diskusi Pertemuan-3 Materi Marketing Intelligent
- Tugas Pertemuan-3 Materi Marketing IntelligentAssignment
- Definition of Marketing IntelligentURL
- 9 Market IntelligenceURL
- Marketing Intelligence StrategyURL
- Competitive IntelligenceURL
- 3. Marketing IntelligentFile
- Quiz 3 Review Materi Marketing Intelligent
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M1 – DEFINISI INTELEJEN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M2 – SISTEM INTELEJEN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M3 – TEKNIK INTELEJEN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M4 – TAHAP MARKETING INTELEJENInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M5 – KUALITAS INTELEJEN PEMASARANInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M6 – SISTEM INTELEJEN KOMPETITIFInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB03 – M7 – PESAING MENGUNGKAPKAN INFORMASIInteractive Content
- POKOK BAHASAN 4. SISTEM INFORMASI PEMASARANAssalamualaikum Wr WbSelamat Bertemu di Pokok Bahasan 4E-Learning Manajemen Pemasaran tentang Sistem Informasi Pemasaran

CAPAIAN PEMBELAJARAN- Mahasiswa dapat memahami Definisi dan Peran Sistem Informasi Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Fungsi Sistem Informasi Pemasaran
- Mahasiswa dapat memahami Proses Sistem Informasi Pemasaran
- Mahasiswa dapat menilai dan mengembangkan informasi yang dibutuhkan
- Mahasiswa dapat memahami Pendistribusian Informasi
- Definisi dan Peran Sistem Informasi Pemasaran
- Fungsi Sistem Informasi Pemasaran
- Proses Sistem Informasi Pemasaran
- Penilaian dan Pengembangan informasi yang dibutuhkan
- Pendistribusian Informasi
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M1 – Definisi Sistem Informasi PemasaranInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M2 – Fungsi Sistem Informasi PemasaranInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M3 – Penilaian Informasi yang DibutuhkanInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M4 – Pengembangan InformasiInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M5 – Pendistribusian InformasiInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M6 – Sistem Pendukung Keputusan PemasaranInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M7 – Lingkungan PemasaranInteractive Content
- Forum Diskusi Pertemuan-4 Materi Sistem Informasi Pemasaran
- Tugas Pertemuan-4 Materi Sistem Informasi PemasaranAssignment
- What is Marketing Information System?URL
- Marketing Information System ProcessURL
- Marketing Information System FunctionsURL
- MIS used in AmazonURL
- 4. Sistem Informasi PemasaranFile
- Quiz 4 Review Materi Sistem Informasi Pemasaran
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M1 – Definisi Sistem Informasi PemasaranInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M2 – Fungsi Sistem Informasi PemasaranInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M3 – Penilaian Informasi yang DibutuhkanInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M4 – Pengembangan InformasiInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M5 – Pendistribusian InformasiInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M6 – Sistem Pendukung Keputusan PemasaranInteractive Content
- DMH1A4 – MANAJEMEN PEMASARAN – PB04 – M7 – Lingkungan PemasaranInteractive Content

Dasar-dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Riset, Marketing Intelligent, dan Sistem Informasi Pemasaran
Post Tags : Dasar-dasar Manajemen Pemasaran




Tinggalkan Balasan