Course Details

OCW OCW Open CourseWare (OCW) Fakultas Ilmu Terapan (FIT) Open CourseWare (OCW) Fakultas Ilmu Terapan (FIT)
Efficient Hotel Reservations: Telephone Communication, Room Reservations, and Procedural Excellence
Last Update:

April 28, 2025

Review:
0(0)
Efficient Hotel Reservations: Telephone Communication, Room Reservation, and Procedural Excellence

About Course

Sumber : onlinelearning.telkomuniversity.ac.id

  • I. Identitas Mata Kuliah

Front Office Operations I (DHH1A3) merupakan mata kuliah inti vokasi yang diberikan pada semester pertama kurikulum 2016. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib di Program Studi D3 Perhotelan Universitas Telkom. Mata kuliah ini terdiri dari 14 pokok bahasan dengan bobot 3 SKS yang terdiri dari 2 SKS teori dan 1 SKS praktikum.

Mata kuliah Front Office Operations I mengajarkan tentang Pengetahuan Dasar Bisnis Akomodasi (pengetahuan tentang industri perhotelan), dan pengenalan operasional kerja di front office hotel. Dalam kegiatan praktikum mahasiswa akan belajar tentang Berkomunikasi di telepon dan Reservasi Kamar. Materi kuliah diberikan dengan tujuan agar mahasiswa memahami hal-hal yang berkaitan dengan bisnis akomodasi, khususnya operasional front office hotel, melalui keterampilan berkomunikasi di telepon dan menangani proses reservasi kamar.

Dengan dosen pengampu mata kuliah :

  1. Ersy Ervina S.Sos.,MM.Par
  2. Riza Taufiq MM.Par
  • II. Profil dan Sejarah Program Studi

Mata kuliah Front Office Operations I memberikan pengetahuan dasar tentang industri akomodasi dan operasional kerja kantor depan hotel. Selain itu, mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan keterampilan di bidang front office hotel, khususnya dalam berkomunikasi melalui telepon dan pemesanan kamar hotel baik dari segi pengetahuan maupun praktik.

Mata kuliah operasional kantor depan sudah ada sejak awal program studi D3 perhotelan berdiri pada tahun 2014 di Telkom University. Pada awalnya mata kuliah ini memiliki bobot 2 SKS, kemudian dengan pertimbangan bobot praktikum menjadi 4 SKS. Pada penyusunan kurikulum 2016 mata kuliah ini berubah menjadi 3 SKS dengan bobot yang sama dengan mata kuliah inti vokasi lainnya.

  • III. Relevansi Mata Kuliah (Urgensi)

Urgensi mata kuliah Front Office Operations I merupakan mata kuliah inti kejuruan Program Studi D3 Perhotelan yang merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Mata kuliah Front Office Operations diberikan secara bertahap pada semester 1, 2 dan 3.

Program ini membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam layanan kantor depan, terutama menangani reservasi tamu dan berkomunikasi melalui telepon. Berdasarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi, menangani layanan kantor depan merupakan hal yang mendasar untuk bekerja sebagai Resepsionis Hotel.

  • IV. Kaitan dengan mata kuliah lain

Berikut ini adalah keterkaitan antara mata kuliah Front Office Operations I dengan mata kuliah lainnya dalam kurikulum D3 Perhotelan 2016. Untuk dapat mempelajari mata kuliah Front Office Operations II, III dan Manajemen Hotel, disyaratkan telah lulus mata kuliah Front Office Operations I.

Kaitan Dengan Mata Kuliah lainnya

  • V. Peta Capaian Pembelajaran (CP)

Peta Capaian Pembelajaran

  • VI. Peta Materi (Studi) atau Pokok Bahasan

Garis Besar Topik-topik yang dipelajari dalam mata kuliah Front Office Operations I dapat dibagi sebagai berikut:

Dari 6 topik utama di atas, dapat dirinci menjadi pokok bahasan dalam 14 minggu pertemuan, yaitu:

  • VII. Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning

CP Elearning

  • VIII. Praktik Terbaik
  • Pelajari sejarah industri Perhotelan dan Akomodasi
  • Berlatih percakapan bahasa Inggris
  • Berlatih menggunakan telepon dengan bahasa yang baik dan benar
  • IX. Sertifikasi

Sertifikasi yang memiliki korelasi dengan mata kuliah Front Office Operations I adalah Uji Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di bidang Hotel Front Office.

  • X. Referensi Mata Kuliah
  1. Agustinus, Darsono, 2011. Akomodasi Perhotelan Front Office
  2. Crosbie, Wayne & Hickman, Alan. 2012. ACCSTP. William Angliss Institute. Melbourne
  3. Kasavana, Michael.1988. Front Office Management. Educational Institute AHMA.Michigan
  4. Ninemeier, Jack D Et All. 2005. Hospitality Operation.Pearson Education. New Jersey.USA
  5. Vallen, Gary. 2013. Check- in Check out Managing Hotel Operation. Ninth Edison. Pearson Education.USA

Course Content

8. BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON – RECEIVING TELEPHONE CALL
Hai Mahasiswa Millenial,… Selamat bertemu kembali pada Mata kuliah Operasional Kantor Depan I dengan Pokok Bahasan Communicate on The Telephone – Receiving Telephone Call. Pada Pokok Bahasan ini kita akan mempelajari tentang beberapa materi antara lain pentingnya telepon dalam industry hospitality, peranan dan tanggung jawab Telephonist, komponen sistem telepon, Prosedur dalam menerima panggilan masuk, Pentingnya kesan pertama dalam bertelepon, dan Spelling Board. Pada bagian ini diharapkan mahasiswa dapat memahami pengetahuan dalam menunjang praktik dalam berkomunikasi melalui telepon khususnya dalam menerima panggilan masuk. Guna membantu mahasiswa dalam mempelajari materi ini kami juga menyediakna slide presentasi, lecture note dan link eksternal. Mulailah berlatih diri anda sesuai dengan prosedur yang telah disampaikan. Selamat Belajar.CAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa Mampu Memahami Pentingnya Telepon Dalam Industri Hotel Mahasiswa Mampu Memahami Peranan dan tanggung Jawab Telephonist Mahasiswa Mampu Memahami Komponen Dari System Telepon Mahasiswa mampu memahami cara menerima panggilan telepon Mahasiswa Mampu Memahami pentingnya Kesan Pertama Dalam Bertelepon Mahasiswa Mampu Memahami Spelling BoardMATERI PEMBELAJARANAdapun Sub Pokok Bahasan Pada Materi Berkomunikasi Melalui Telepon - Menerima Panggilan Telepon adalah sebagai berikut :Important of Telephone In Hotel Industry Role & Responsibilities of Telephonist Component of Telephone System Receiving Telephone Call Important of First Impression on The Telephone Spelling Board

9. BERKOMUNKASI MELALUI TELEPON – OUTGOING CALL
Hallo mahasiswa millennial,… selamat berjumpa kembali pada mata kuliah Operasional Kantor Depan I Dengan Pokok Bahasan Communicate on The Telephone – Making Outgoing Call. Pada Pokok Bahasan ini kita akan membahas beberapa materi tentang berkomunikasi memalui telepon khsususnya dalam penanganan panggilan keluar. Seperti mengidentifikasi macam – macam panggilan keluar, prosedur panggilan dalam perusahaan, prosedur membuat panggilan, panduan berkomunikasi, Teknik menjual dalam berkomunikasi dan bagaimana menangani telepon dalam situasi darurat. Materi yang diberikan merupakan bekal untuk kalian melakukan praktik kerja. Untuk mempermudah dalam belajar berikut disediakan pula materi dalam bentuk pdf dan link materi terkait. Selamat Belajar!CAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa mampu mengindentifikasi panggilan telepon keluar Mahasiswa mampu melaksanakan Prosedur perusahan dalam melakukan panggilan telepon keluar Mahasiswa mampu melaksanakan panggillan keluar Mahasiswa mampu memahami panduan dalam berkomunikasi menggunakan telepon Mahasiswa mampu berbicara dengan sopan dan ramah saat bertelepon Mampu memahami prosedur Teknik menjual Mahasiswa mampu melaksanakan prosedur dalam situasi darurat MATERI PEMBELAJARANAdapun Sub Pokok bahasan pada materi pembelajaran ke 9 Berkomunikasi Melalui Telepon - Membuat Panggilan Keluar adalah sebagai berikut :Identify Outgoing Call Enterprise Procedure for outgoing call Making out Going Call Communication on Telephone Guideline Being Polite and Courteous on The Phone Selling Technique Procedure Carry out Emergency Procedure

10. ROOM RESERVATION
Selamat bertemu kembali pada mata kuliah Operasional Kantor Depan I Dengan Pokok Bahasan ke -10 yaitu Room Reservation. Pada pokok bahasan ini kita akan membahas beberapa materi seperti tugas dan tanggung jawab bagian reservasi, macam – macam perusahan yang menggunakan reservasi, sumber – sumber dan bisnis reservasi, pentingnya reservasi kamar di hotel dan macam laporan - laporan kerja reservasi. Materi ini menjadi bekal bagi anda dalam memeahami tentang reservasi hotel. Untuk membantu anda belajar, anda anda mengunduh materi dalam bentuk slide presentasi dan bentuk pdf. Selain itu disediakan juga link eksternal terkait materi reservasi. Selamat Belajar.CAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa mampu memahami tugas dan tanggung jawab bagian Reservasi Hotel Mahasiswa mampu memahami macam-macam tipe aplikasi Reservasi Mahasiswa mampu memahami sumber-sumber Reservasi Mahasiswa mampu memahami pentingnya Reservasi Kamar Mahasiswa mampu memahami bagaimana Reservasi di terima Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai laporan Reservasi dan Masalah ReservasiMATERI PEMBELAJARANAdapun sub pokok bahasan pada materi pembelajaran ke-10 ini adalah :Role & Responsible of Reservation Type of Reservation Applied Source and Business of Reservation Important of Reservation System How Reservation are Received Reservation Report and Problem

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    elsarinaps@student.telkomuniversity.ac.id
  • Language
    English