Front Office Operations I (DHH1A3) merupakan mata kuliah inti vokasi yang diberikan pada semester pertama kurikulum 2016. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib di Program Studi D3 Perhotelan Universitas Telkom. Mata kuliah ini terdiri dari 14 pokok bahasan dengan bobot 3 SKS yang terdiri dari 2 SKS teori dan 1 SKS praktikum.
Mata kuliah Front Office Operations I mengajarkan tentang Pengetahuan Dasar Bisnis Akomodasi (pengetahuan tentang industri perhotelan), dan pengenalan operasional kerja di front office hotel. Dalam kegiatan praktikum mahasiswa akan belajar tentang Berkomunikasi di telepon dan Reservasi Kamar. Materi kuliah diberikan dengan tujuan agar mahasiswa memahami hal-hal yang berkaitan dengan bisnis akomodasi, khususnya operasional front office hotel, melalui keterampilan berkomunikasi di telepon dan menangani proses reservasi kamar.
Dengan dosen pengampu mata kuliah :
Mata kuliah Front Office Operations I memberikan pengetahuan dasar tentang industri akomodasi dan operasional kerja kantor depan hotel. Selain itu, mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan keterampilan di bidang front office hotel, khususnya dalam berkomunikasi melalui telepon dan pemesanan kamar hotel baik dari segi pengetahuan maupun praktik.
Mata kuliah operasional kantor depan sudah ada sejak awal program studi D3 perhotelan berdiri pada tahun 2014 di Telkom University. Pada awalnya mata kuliah ini memiliki bobot 2 SKS, kemudian dengan pertimbangan bobot praktikum menjadi 4 SKS. Pada penyusunan kurikulum 2016 mata kuliah ini berubah menjadi 3 SKS dengan bobot yang sama dengan mata kuliah inti vokasi lainnya.
Urgensi mata kuliah Front Office Operations I merupakan mata kuliah inti kejuruan Program Studi D3 Perhotelan yang merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Mata kuliah Front Office Operations diberikan secara bertahap pada semester 1, 2 dan 3.
Program ini membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam layanan kantor depan, terutama menangani reservasi tamu dan berkomunikasi melalui telepon. Berdasarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi, menangani layanan kantor depan merupakan hal yang mendasar untuk bekerja sebagai Resepsionis Hotel.
Berikut ini adalah keterkaitan antara mata kuliah Front Office Operations I dengan mata kuliah lainnya dalam kurikulum D3 Perhotelan 2016. Untuk dapat mempelajari mata kuliah Front Office Operations II, III dan Manajemen Hotel, disyaratkan telah lulus mata kuliah Front Office Operations I.
Garis Besar Topik-topik yang dipelajari dalam mata kuliah Front Office Operations I dapat dibagi sebagai berikut:
Dari 6 topik utama di atas, dapat dirinci menjadi pokok bahasan dalam 14 minggu pertemuan, yaitu:
Sertifikasi yang memiliki korelasi dengan mata kuliah Front Office Operations I adalah Uji Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di bidang Hotel Front Office.