Perancangan Antarmuka Aplikasi yang Efisien: Membuat Sistem Menu, Memilih Jenis Windows, Devices, dan Kontrol Layar yang Tepat
Step 4 : Membangun Sistem Menu dan Navigasi
Semangat Pagi..Dear All..Pada Pertemuan ini akan dibahas mengenai bagaimana memahami apa itu menu pada aplikasi, bagai,ana panduan untuk membuat menu yang baik agar mampu memandu user dalam menggunakan aplikasi secara mudah.CAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa dapat memahami definisi menu dan tujuannya
Mahasiswa/i dapat mengerti komponen-komponen dalam membangun menu sistem dan skema navigasi dalam desain UIMATERI PEMBELAJARANStruktur dan fungsi menu
Isi menu
Format menu
Penyusunan frase dalam menu
Penentuan pilihan-pilihan menu
Navigasi website
Jenis-jenis menu grafis
0/7
Step 5 : Memilih Tipe Windows yang Tepat
Semangat Pagi..Dear All..Pada Pertemuan ini akan dibahas mengenai bagaimana memilih wondows/jendela yang tepat pada suatu aplikasi dan panduan tata letaknya.CAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa dapat memahami definisi windows dan karakteristiknya
Mahasiswa/i dapat memilih tipe windows yang tepat dalam desain UIMATERI PEMBELAJARANKarakteristik windows
Komponen-komponen sebuah windows
Gaya penampilan windows
Tipe-tipe windows
Pengaturan fungsi windows
0/13
Step 6: Memilih Devices yang Tepat
Semangat Pagi..Dear All..Pada Pertemuan ini akan dibahas mengenai bagaimana memilih perangkat input ataupun output dari sebuah aplikasi agar interaksi antara manusia dan komputer menjadi optimal..CAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa dapat memahami karakteristik Input dan Output
Mahasiswa/i dapat memilih perangkat interaksi yang tepat dalam desain UIMATERI PEMBELAJARANPerangkat input
Panduan dalam memilih Input device yang sesuai
Perangkat output dan panduannya
0/15
Step 7: Memilih Kontrol Layar yang Tepat
Semangat Pagi..Dear All..Pada Pertemuan ini akan dibahas mengenai bagaimana memilih screen contol (kontrol layar) atau yang disebut juga dengan widget yang tepat untuk fungsi dan kebutuhan tertentu dari fitur aplikasi.CAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa dapat mengetahui kontrol layar dan fungsinya
Mahasiswa dapat memilih control layar yang tepat dalam desain UIMATERI PEMBELAJARANOperable controls
Text entry/ read-only controls
Selection controls
Other operable controls Custom controls
Presentation controls
Memilih kontrol yang tepat
0/14