Course Details

OCW Open CourseWare (OCW) Fakultas Ilmu Terapan (FIT)
Menjelajahi Dunia Perhotelan dan Akomodasi: Wawasan Industri Hotel Tradisional dan Modern
Last Update:

April 28, 2025

Review:
0(0)

About Course

 

Sumber : onlinelearning.telkomuniversity.ac.id

 

  • I. Identitas Mata Kuliah


 

Mata kuliah Operasional Kantor Depan I (DHH1A3) adalah mata kuliah inti kejuruan  yang diberikan pada semester 1 kurikulum 2016.  Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi D3 Perhotelan Telkom University. Mata Kuliah ini terdiri 14 pokok bahasan dengan bobot  sebesar 3 SKS yang terdiri dari 2 SKS  teori dan 1 SKS praktikum.

 

Mata kuliah Operasional Kantor Depan I mengajarkan tentang Pengetahuan Dasar Usaha Akomodasi (knowledge of lodging Industry), dan pengenalan Operasional kerja pada kantor depan hotel. Pada kegiatan praktikum mahasiswa akan belajar tentang Berkomunikasi Melalui Telepon (communicating on the telephone)danReservasi Kamar Kantor Depan (Room Reservation). Materi kuliah diberikan dengan tujuan mahasiswa memahami hal-hal yang berkenaan dengan usaha akomodasi khususnya operasional kantor depan hotel, melalui keterampilan berkomunikasi melalui telepon dan menangani proses pemesanan kamar.

Dengan Dosen Pengampu mata kuliah :

  1. Ersy Ervina S.Sos.,MM.Par
  2. Riza Taufiq MM.Par
  • II. Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata kuliah Operasional Kantor Depan I memberikan pengetahuan dasar mengenai industri akomodasi dan operasional kerja kantor depan hotel. Selain itu mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan ketrampilan di bidang kantor depan hotel khususnya dalam berkomunikasi melalui telepon dan melakukan pemesanan kamar hotel baik dari segi pengetahuan dan praktis.

Mata kuliah Operasional kantor depan telah ada sejak awal program studi D3 perhotelan berdiri pada tahun 2014 di Telkom University. Pada awalnya mata kuliah memiliki bobot 2 SKS, kemudian dengan pertimbangan bobot praktikum maka menjadi 4 SKS. Pada penyusunan kurikulum 2016 mata kuliah ini berubah menjadi 3 SKS dengan bobot yang sama dengan mata kuliah inti kejuruan lainnya.

  • III. Relavansi (Urgensi ) Mata Kuliah

Urgensi mata kuliah Operasional Kantor Depan I merupakan mata kuliah inti kejuruan Program Studi D3 Perhotelan yang merupakan salah satu kompetensi yang wajib dimiliki setiap mahasiswa. Mata kuliah Operasional Kantor Depan  diberikan secara berjenjang pada semester 1, 2 dan 3.Mata Kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pelayanan kantor depan khususnya pengananan reservasi tamu dan berkomunikasi melalui telepon. Berdasarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi penanganan layanan kantor depan merupakan fundamental untuk dapat bekerja sebagai seorang Resepsionis Hotel.

  • IV. Kaitan Dengan Mata Kuliah Lainnya

Berikut kaitan mata kuliah Operasional Kantor Depan I dengan mata kuliah lainnya pada kurikulum D3 Perhotelan tahun 2016. Untuk dapat mempelajari mata kuliah Operasional Kantor Depan II, III dan Manajemen Hotel maka dibutuhkan prasyarat telah lulus mata kuliah Operasional Kantor Depan I.

Kaitan Dengan Mata Kuliah lainnya

  • V. Peta Capaian Pembelajaran (CP)

Peta Capaian Pembelajaran

  • VI.  Peta Materi (Kajian) Atau Pokok Bahasan

Secara Garis Besar Topik yang dipelajari pada Mata kuliah Operasional Kantor Depan I dapat terbagi sebagai berikut :

Dari 6  topik besar diatas maka dapat diuraikan menjadi pokok bahasan dalam 14 Minggu pertemuan Yaitu :

  • VII. Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning

CP Elearning

  • VIII. Best Practice
  • Pelajari sejarah industri Hospitality dan Akomodasi
  • Berlatih percakapan menggunakan Bahasa Inggris
  • Berlatih Menggunakan telepon dengan bahasa baik dan Benar
  • IX. Sertifikasi

Sertifikasi yang memiliki korelasi dengan mata kuliah Operasional Kantor Depan I yaitu Uji Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bidang Kantor Depan Hotel

  • X. Referensi Mata Kuliah
  1. Agustinus, Darsono, 2011. Akomodasi Perhotelan Front Office
  2. Crosbie, Wayne & Hickman, Alan. 2012. ACCSTP. William Angliss Institute. Melbourne
  3. Kasavana, Michael.1988. Front Office Management. Educational Institute AHMA.Michigan
  4. Ninemeier, Jack D Et All. 2005. Hospitality Operation.Pearson Education. New Jersey.USA
  5. Vallen, Gary. 2013. Check- in Check out Managing Hotel Operation. Ninth Edison. Pearson Education.USA

Course Content

1. INTRODUCTION TO HOSPITALITY AND ACCOMODATION INDUSTRY
Hallo, Selamat bertemu pada pembelajaran E-Learning Mata Kuliah Operasional Kantor Depan I. Pada pertemuan pertama ini kita akan membahas Pokok Bahasan tentang Pengantar Industri Hospitality dan Akomodasi. Pembelajaran kali ini kita akan mempelajari ruang lingkup industri Pariwisata dan Hospitality, industri akomodasi, karakter hotel bisnis dan mengenal sejarah perkembangan industri hotel di Indonesia dan di dunia. Anda Dapat mengunduh materi pada link-link dibawah ini seperti materi slide dan lecture note. Untuk mengetahui tingkat pemahaman anda silahkan klik pada link quiz review. Selamat belajar! CAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa Mampu mamahami ruang lingkup Industri pariwisata dan hospitality Mahasiswa mampu memahami industri akomodasi Mahasiswa mampu memahami karakter bisnis hotel Mahasiswa mampu memahami sejarah hotel dunia dan indonesia MATERI PEMBELAJARANAdapun Sub Pokok Bahasan yang akan dibahas adalah sebagai berikut : Ruang lingkup Industry pariwisata dan Hospitality Pentingnya industri Hospitality Jenis & Definisi Industri Akomodasi Karakteristik Bisnis Akomodasi Sejarah Industri akomodasi di dunia dan indonesia

2. TRADITIONAL HOTEL CLASSIFICATION
Selamat berjumpa pada Pertemuan ke-2 di Pembelajaran E-Learning Mata Kuliah Operasional kantor Depan I dengan Pokok Bahasan Klasifikasi Hotel Tradisional. Industri hotel berkembang dengan cepat, meskipun berubah seiring waktu beberapa klasifikasi hotel tradisional tetap bertahan. Pada pertemuan ini kita akan membahas macam- macam klasifikasi hotel berdasarkan ukuran, kelas, tipe, plan dan guest staying period. Beberapa klasifikasi tersebut masih relevan digunakan dalam kondisi saat ini.CAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa mampu memahami klasifikasi hotel berdasarkan ukuran Mahasiswa mampu memahami hotel berdasarkan kelas Mahasiswa mampu memahami hotel berdasarkan tipe Mahasiswa mampu memahami hotel berdasarkan plan Mahasiswa mampu memahami hotel berdasarkan Guest Staying PeriodMATERI PEMBELAJARANSub Pokok Bahasan Pada Pertemuan kedua ini adalah sebagai berikut :Hotel Berdasarkan Ukuran Hotel berdasarkan kelas Hotel Berdasarkan Tipe Hotel berdasarkan plan Hotel berdasarkan tamu menginap

3. MODERN HOTEL INDUSTRY
Selamat berjumpa pada Pertemuan ke-3 Mata kuliah Operasional kantor Depan I Dengan Pokok Bahasan Modern Hotel Industry. pada pertemuan ini kita akan membahas tentang modern hotel industri yang terdiri dari New Product Pattern, New Market Pattern, New Ownership Pattern dan New Management Pattern. Setelah mempelajari materi ini anda dapat mengevaluasi pemahaman anda melalui quiz review dan tugas. Selamat Belajar!CAPAIAN PEMBELAJARANMahasiswa mampu memahami pola produk baru (New Product pattern) Mahasiswa mampu memahami pola pasar baru (New market pattern) Mahasiswa mampu memahami pola kepemilikan hotel (New Ownership pattern) Mahasiswa mampu memahami pola baru manajemen hotel (New Management Pattern)MATERI PEMBELAJARANSub Pokok bahasan pada materi pembelajaran ketiga ini adalah sebagai berikut :New Product Pattern New Market Pattern New Ownership Pattern New Management Pattern

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English
Secret Link