sumber : onlinelearning.telkomuniversity.ac.id
IDENTITAS MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan pemahaman sekaligus praktik mengenai cara-cara dan teknik yang baik dan benar dalam mempersiapkan diri menjadi seorang Humas Pemerintahan , sebagai salah satu modal kompetensi untuk menjadi seorang PR yang handal. Selain itu, mata kuliah ini mengajarkan mengenai cara mengukur dan menganalisis kinerja Humas Pemerintahan.
PROFIL DAN SEJARAH MATA KULIAH
PROFIL MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : HUBUNGAN MASYARAKAT PEMERINTAHAN Kode Mata Kuliah : KHI3F3 SKS : 3 SKS Semester : 5 Tahun Akademik : 2021/2022 SEJARAH MATA KULIAHMata Kuliah Humas Pemerintahan merupakan mata kuliah wajib Program Studi yang ditempuh pada semester 3 (Tiga). Mata Kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah dasar yang wajib ditempuh oleh mahasiswa/i Program Studi S1 Hubungan Masyarakat sebagai salah satu kemampuan dasar yang wajib dipelajari dan dimiliki oleh para calon lulusan Program Studi ini.
RELEVANSI MATA KULIAH
Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah Humas Pemerintahan merupakan mata kuliah dasar yang wajib diambil/diampu oleh mahasiswa/I Program Studi S1 Hubungan Masyarakat pada semester 3 (satu). Urgensi mata kuliah ini adalah seorang Public Relations (PR) sepatutnya memiliki kemampuan dasar menjadi Humas Pemerintahan sehingga bisa merancang sebuah program kerja PR. Dasar keahlian dalam mempelajari dan memahami situasi kognitif, afektif, dan konatif publik dipadukan dengan kemampuan merancang program.
KAITAN DENGAN MATA KULIAH LAIN
PROGRAM LEARNING OUTCOME (PLO) DAN COURSE LEARNING OUTCOME (CLO)
PROGRAM LEARNING OUTCOMES (PLO) / CPL PRODI
PLO 3
Memiliki pengetahuan serta memahami dan menguasai mekanisme pengukuran program kehumasan untuk kepentingan reputasi organisasi yang berbasis teknologi dijital PLO 4
Memiliki pengetahuan serta memahami dan menguasai mekanisme pengukuran program kehumasan untuk kepentingan reputasi organisasi yang berbasis teknologi dijital PLO 5
Memiliki kemampuan dalam berpikir analitis, kritis, sistematis, inovatif, dan kolaboratif untuk mencapai solusi PLO 7
Memiliki kemampuan dalam membuat perancanaan, pengelolaan, implementasi, dan evaluasi program kehumasan berbasis teknologi dijital COURSE LEARNING OUTCOMES (CLO)
PLO YANG DIDUKUNG
CLO 1
Mengenali Pemerintah PLO 3
CLO 2
Menerangkan Pengertian Humas Pemerintah PLO 4
CLO 3
Menjelaskan Karakteristik Humas Pemerintah PLO 5
CLO 4
Menganalisis Strategi Humas Pemerintah PLO 7
POKOK BAHASAN
[1] Pengenalan Humas Pemerintahan [2] Pengantar Humas Pemerintahan [3] Organisasi Pemerintahan [4] Budaya Komunikasi Pemerintahan [5] Tujuan Fungsi Tugas Pokok Pemerintahan [6] Pemilihan Jenis Konten [7] Kegiatan Humas [8] UTS [9] Relasi Komunikasi antar Stakeholder [10] Materi Kehumasan [11] Krisis Komunikasi Pemerintah [12] Humas Diskusi dan Praktisi [13] Humas Diskusi dan Praktisi [14] Materi penyusunan rencana Analisis Aset Digital dan Materi Kehumasan Digital Pemerintahan [15] Materi penyusunan rencana Analisis Aset Digital dan Materi Kehumasan Digital Pemerintahan [16] UAS
BEST PRACTICE
- Memperbanyak referensi dan membaca berbagai literatur penunjang
- Mencatat berbagai hal-hal penting dan kunci untuk lebih mudah memahami
- Mencari berbagai studi kasus yang relevan, terutama yang berhubungan dengan humas pemerintahan
- Membentuk grup belajar untuk sharing dan brainstorming
- Memperkuat pemahaman dengan bidang-bidang lainnya seperti: PR Writing, Relasi Media, Analisa wacana publik, Analisa konten, Komunikasi interpersonal, PR Event
REFERENSI MATA KULIAH
- Ardianto, Elvinaro & Sumirat, Soleh. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.2002
- Ardianto, Elvinaro. Handbook Of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2013.
- Abidin, Yusuf Zaenal. Komunikasi Pemerintahan. Bandung: CV Pustaka Jaya. 2018.
- Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group. 2013.
- Hidayat, Dasrun. Media Public Relations. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2014.
- Iswandi, Syahputra. Opini Publik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2018.