Course Details

MOOC MOOC Fakultas Ilmu Terapan (FIT)
Praktek Komunikasi Telepon dan Reservasi Kamar yang Profesional dalam Reservasi Hotel
Last Update:

Juli 10, 2024

Review:
0(0)

About Course

Sumber : onlinelearning.telkomuniversity.ac.id

  • I. Identitas Mata Kuliah

Mata kuliah Operasional Kantor Depan I (DHH1A3) adalah mata kuliah inti kejuruan  yang diberikan pada semester 1 kurikulum 2016.  Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi D3 Perhotelan Telkom University. Mata Kuliah ini terdiri 14 pokok bahasan dengan bobot  sebesar 3 SKS yang terdiri dari 2 SKS  teori dan 1 SKS praktikum.

Mata kuliah Operasional Kantor Depan I mengajarkan tentang Pengetahuan Dasar Usaha Akomodasi (knowledge of lodging Industry), dan pengenalan Operasional kerja pada kantor depan hotel. Pada kegiatan praktikum mahasiswa akan belajar tentang Berkomunikasi Melalui Telepon (communicating on the telephone)danReservasi Kamar Kantor Depan (Room Reservation). Materi kuliah diberikan dengan tujuan mahasiswa memahami hal-hal yang berkenaan dengan usaha akomodasi khususnya operasional kantor depan hotel, melalui keterampilan berkomunikasi melalui telepon dan menangani proses pemesanan kamar.

Dengan Dosen Pengampu mata kuliah :

  1. Ersy Ervina S.Sos.,MM.Par
  2. Riza Taufiq MM.Par
  • II. Profil dan Sejarah Mata Kuliah

Mata kuliah Operasional Kantor Depan I memberikan pengetahuan dasar mengenai industri akomodasi dan operasional kerja kantor depan hotel. Selain itu mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan ketrampilan di bidang kantor depan hotel khususnya dalam berkomunikasi melalui telepon dan melakukan pemesanan kamar hotel baik dari segi pengetahuan dan praktis.

Mata kuliah Operasional kantor depan telah ada sejak awal program studi D3 perhotelan berdiri pada tahun 2014 di Telkom University. Pada awalnya mata kuliah memiliki bobot 2 SKS, kemudian dengan pertimbangan bobot praktikum maka menjadi 4 SKS. Pada penyusunan kurikulum 2016 mata kuliah ini berubah menjadi 3 SKS dengan bobot yang sama dengan mata kuliah inti kejuruan lainnya.

  • III. Relavansi (Urgensi ) Mata Kuliah

Urgensi mata kuliah Operasional Kantor Depan I merupakan mata kuliah inti kejuruan Program Studi D3 Perhotelan yang merupakan salah satu kompetensi yang wajib dimiliki setiap mahasiswa. Mata kuliah Operasional Kantor Depan  diberikan secara berjenjang pada semester 1, 2 dan 3.Mata Kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pelayanan kantor depan khususnya pengananan reservasi tamu dan berkomunikasi melalui telepon. Berdasarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi penanganan layanan kantor depan merupakan fundamental untuk dapat bekerja sebagai seorang Resepsionis Hotel.

  • IV. Kaitan Dengan Mata Kuliah Lainnya

Berikut kaitan mata kuliah Operasional Kantor Depan I dengan mata kuliah lainnya pada kurikulum D3 Perhotelan tahun 2016. Untuk dapat mempelajari mata kuliah Operasional Kantor Depan II, III dan Manajemen Hotel maka dibutuhkan prasyarat telah lulus mata kuliah Operasional Kantor Depan I.

Kaitan Dengan Mata Kuliah lainnya

  • V. Peta Capaian Pembelajaran (CP)

Peta Capaian Pembelajaran

  • VI.  Peta Materi (Kajian) Atau Pokok Bahasan

Secara Garis Besar Topik yang dipelajari pada Mata kuliah Operasional Kantor Depan I dapat terbagi sebagai berikut :

Dari 6  topik besar diatas maka dapat diuraikan menjadi pokok bahasan dalam 14 Minggu pertemuan Yaitu :

  • VII. Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis E-Learning

CP Elearning

  • VIII. Best Practice
  • Pelajari sejarah industri Hospitality dan Akomodasi
  • Berlatih percakapan menggunakan Bahasa Inggris
  • Berlatih Menggunakan telepon dengan bahasa baik dan Benar
  • IX. Sertifikasi

Sertifikasi yang memiliki korelasi dengan mata kuliah Operasional Kantor Depan I yaitu Uji Kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bidang Kantor Depan Hotel

  • X. Referensi Mata Kuliah
  1. Agustinus, Darsono, 2011. Akomodasi Perhotelan Front Office
  2. Crosbie, Wayne & Hickman, Alan. 2012. ACCSTP. William Angliss Institute. Melbourne
  3. Kasavana, Michael.1988. Front Office Management. Educational Institute AHMA.Michigan
  4. Ninemeier, Jack D Et All. 2005. Hospitality Operation.Pearson Education. New Jersey.USA
  5. Vallen, Gary. 2013. Check- in Check out Managing Hotel Operation. Ninth Edison. Pearson Education.USA

Course Content

12. PRAKTIK BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON – INCOMING CALL
Hallo Para Calon Front Liner... selamat bertemu kembali pada Mata Kuliah Operasional Kantor Depan I dengan Pokok bahasan ke – 12 Yaitu Praktik Berkomunikasi Melalui Telepon – Incoming Call. Pada materi sebelumnya kita telah mempelajari beberapa pengetahuan dalam berkomunikasi melalui telepon. Pada Pokok bahasan mahasiswa diharapkan mampu untuk mempraktikan tata cara menerima panggilan telepon masuk (Incoming Call) mengikuti prosedur yang telah dijelaskan. Pada materi ini juga disajikan contoh – contoh percakapan dengan menggunakan bahasa Inggris. Selamat Mencoba!CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa Mampu Memahami istilah-istilah dalam Berkomunikasi melalui telepon Mahasiswa Mampu memahami Peralatan dan Formulir kerja Mahasiswa Mampu memahami Prosedur dalam menerima Telepon masuk Mahasiswa Mampu mengimplementasikan percakapan dalam menerima panggilan Telepon Mahasiswa Mampu Memahami penilaian praktik dalam Scoring ParameterMATERI PEMBELAJARAN Adapun sub pokok bahasan dalam materi Praktik Berkomunikasi Melalui Telepon - Incoming Call Ini adalah sebagai berikut :Glosarium Prepare Work Area Incoming Call Procedures Sample of Incoming Call Conversation Scoring Parameter

13. PRAKTIK BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON – OUTGOING CALL
Hallo Para Calon Frontliner... selamat bertemu kembali pada Mata Kuliah Operasional Kantor Depan I dengan Pokok bahasan ke – 13 Yaitu Praktik Berkomunikasi Melalui Telepon – Outgoing Call. Pada materi sebelumnya kita telah mempelajari beberapa pengetahuan dalam berkomunikasi melalui telepon dan praktik dalam incoming Call. Pada Pokok bahasan ke 13 mahasiswa diharapkan mampu untuk mempraktikan tata cara melakukan panggilan telepon keluar (Outgoing Call) mengikuti prosedur yang telah dijelaskan. Pada materi ini juga disajikan contoh – contoh percakapan dengan menggunakan bahasa Inggris. Selamat Mencoba !CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa Mampu Memahami istilah-istilah dalam Berkomunikasi melalui telepon Mahasiswa Mampu memahami Peralatan dan Formulir kerja Mahasiswa Mampu memahami Prosedur dalam melakukan panggilan telepon Mahasiswa Mampu mengimplementasikan percakapan dalam melakukan panggilan Telepon Mahasiswa Mampu Memahami penilaian praktik dalam Scoring ParameterMATERI PEMBELAJARAN Adapun sub pokok bahasan dalam materi Praktik Berkomunikasi Melalui Telepon - Outgoing Call Ini adalah sebagai berikut :Glosarium Prepare Work Area Outgoing Call Procedures Sample of Outgoing Call Conversation Scoring Parameter Barrier in Telephone Call

14. PRAKTIK ROOM RESERVATION
Hallo Para Calon Front Liner... selamat bertemu kembali pada Mata Kuliah Operasional Kantor Depan I dengan Pokok bahasan ke – 14 yaitu Praktik Room Reservation. Pada materi sebelumnya telah dijelaskan tentang Room Reservation dan Prosedur Reservasi. Pada Materi ke-14 ini mahasiswa diharapkan dapat mengimplementasikan menangani reservasi kamar sesuai dengan prosedur yang telah dijelaskan. Pada materi ini mahasiswa dibekali dengan istilah – istilah dalam reservasi, peralatan dan formulir kerja, langkah- langkah reservasi dan contoh percakapan dalam menangani reservasi kamar dalam bahasa inggris. Diharapkan mahasiswa dapat mempraktikan cara menangani reservasi dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur. Selamat Mencoba !CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu menjelaskan istilah - istilah dalam reservasi Mahasiswa mampu mempersiapkan peralatan dan formulir kerja Mahasiswa mampu memahami langkah - langkah praktik reservasi Mahasiswa mampu memahami menangani reservasi tamu grup Mahasiswa mampu mengimplementasikan percakapan dalam menangani reservasi Mahasiswa mampu memahami parameter penilaianMATERI PEMBELAJARAN Adapun Sub Pokok Bahasan Dalam Materi Praktik Reservasi Kamar adalah sebagai berikut :Glosarium Prepare Work Area Reservation Procedures Group Reservation Sample of Reservation Conversation Scroring Parameter

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
  • Instructor
    Telkom University
  • Language
    English
Secret Link